Pendampingan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Penguasaan Kitab Kuning dan Nahwu-Shorof
Abstract
Pendampingan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penguasaan Kitab Kuning di SMP Simanjaya. Tujuan pendampingan ini adalah sebagai berikut: mendeskripsikan pelaksanaan pendampingan pada kegiatan pengembangan kurikulum PAI melalui penguasaan kitab kuning di SMP Simanjaya Siman Sekaran Lamongan; memetakan kompetensi dasar dan indikator PAI untuk apek Aqidah, Akhlak dan Fiqih; menentukan kitab-kitab kuning yang digunakan sebagai rujukan pengembangan PAI pada aspek Aqidah, Akhlak, dan Fiqih; dan menganalisis keterpenuhan dan pengembangan kompetensi dasar dari kitab kuning yang dirujuk. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian ini, dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan pemahaman guru dalam merancang pengembangan kurikulum PAI, merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013 dan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013; terwujud dokumen hasil pengembangan kurikulum PAI yang berisi hasil pemetaan KD, penetapan kitab rujukan, hasil rumusan indikator pencapaian kompetensi (IPK), dan rumusan indikator pencapaian kompetensi Nahwu-shorof; terwujud dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI SMP Simanjaya. Dengan terselesaikanya dokumen RPP ini, maka kurikulum yang dikembangkan sudah dapat langsung diterapkan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ghafur, A. 2007. Bahan Diklat Profesi Guru: Sertifikasi Guru Rayon II DIY-Jateng. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan, I. 2015a. Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Melalui Nilai-nilai dan Etika Kepemimpinan Pendidikan dengan Pendekatan Soft System Methodology. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Meningkatkan Layanan Guru dan Kepala Sekolah dalam Penumbuhan Budi Pekerti, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 65-84.
Gunawan, I. 2015b. Values and Ethics in Educational Leadership: An Idea of Character Building of Students Conference. Proceedings Character Education in Indonesia Concepts and Applications in Primary Schools, IKIP PGRI MADIUN, 9 Juni, hlm. 1-13.
Gunawan, I. 2016. Model of Educational Leadership in the Implementation of Curriculum 2013. Proceedings the 4th International Conference Language, Society, and Culture in Asian Contexts (LSCAC 2016) on Cultivating and Casting Asian Diversities: Empowering the Asians, 24-25 Mei, hlm. 1109-1118.
Gunawan, I. 2017. Instructional Management in Indonesia: A Case Study. Journal of Arts, Science and Commerce, 8(1), 99-107.
Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Hamalik, O. 2004. Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Pengembangannya. Bandung: Mandar Maju.
Hidayat, A., dan Machali, I. 2013. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Prabowo, S. L., dan Nurmaliyah, F. 2010. Perencanaan Pembelajaran: Pada Bidang Studi, Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling.
Saud, U. S. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Soetopo, H. 2003. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam Imron, A., Maisyaroh, dan Burhanuddin, (Eds.), Manajemen Pendidikan Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Latar Institusi Pendidikan (hlm. 25-42). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.