Pengembangan Produk Wisata dalam Mewujudkan Pariwisata Berkualitas di Kampung Keranggan Tangerang Selatan

  • Ira Hubner Universitas Pelita Harapan
  • Rudy Pramono Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kota Tangerang
  • Juliana Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kota Tangerang
  • Nova Bernedeta Sitorus Universitas Pradita, Gading Serpong, Tangerang
  • Anugerah Agungputranto Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kota Tangerang
  • Diena M Lemy Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kota Tangerang
  • Adolf Parhusip Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kota Tangerang
  • Desideria Lumongga Dwihadiah Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kota Tangerang
Keywords: Quality Tourism, Tourism Product

Abstract

Kondisi pandemi saat ini dinilai menjadi sebuah momentum yang tepat untuk melakukan restrategy pariwisata Indonesia dari quantity tourism ke quality tourism. Tren wisata alternatif sedang digencarkan sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini. Pariwisata alternatif ini memiliki konsep yang berbaur dengan alam dan masyarakat lokal di sebuah desa. Oleh sebab itu desa wisata merupakan salah satu fokus yang diharapkan dapat mempercepat kebangkitan pariwisata setelah terpuruk dari Pandemi COVID-19. Untuk dapat dijadikan sebagai desa wisata, sebuah desa harus memiliki potensi wisata, minat dan kesiapan masyarakat desa, dan keunikan dari desa tersebut. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini lokasi yang akan dikembangkan adalah Desa Keranggan yang berada di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu di Kota Tangerang Selatan. Tujuan khusus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ingin memberikan kontribusi dalam mengembangkan produk wisata di Desa Keranggan sehingga dapat menyajikan sebuah konsep pariwisata yang berkualitas. Dengan demikian pengelola dan masyarakat diharapkan dapat bersinergi dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke desa ini. Urgensi dari kegiatan ini adalah searah dengan program dari pemerintah dalam mengembangkan desa wisata yang dapat memicu pertumbuhan pariwisata dan ekonomi khususnya di masa Pandemi COVID-19 saat ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafied, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: dalam tinjauan motivasi, kompetensi, kepemimpinan, kepuasan kerja dan kinerja. Makassar : Kretakupa Print.
Hayati, N. (2020). Kampung Wisata Keranggan Masuk 20 Besar Dari 109 Desa Wisata Se-Indonesia. Https://Persindonesia.Com/2020/11/22/Kampung-Wisata-Keranggan- Masuk-20-Besar-Dari-109-Desa-Wisata-Se-Indonesia/.
Juliana, Bernedeta Sitorus, Nova , Kristiana, Yustisia Ardania, Jessica, N. (2021). Pengenalan Daya Tarik Wisata Kampung Batu Malakasari Bagi Siswa-Siswi SMK Jakarta Wisata I Jakarta Selatan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(021), 82–90.
Sitorus, O.F. dan Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Stange, J. dan Brown, D. (2013). Tourism Destination Management Achieving Sustainable And Competitive Results. Washington,DC: USAID.
Tyas, N. W., & Damayanti, M. (2018). Potensi Pengembangan Desa Kliwonan sebagai Desa Wisata Batik di Kabupaten Sragen. Journal of Regional and Rural Development Planning, 2(1), 74. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2018.2.1.74-89
Published
2022-02-02
How to Cite
Hubner, I., Rudy Pramono, Juliana, Nova Bernedeta Sitorus, Anugerah Agungputranto, Lemy, D. M., Adolf Parhusip, & Desideria Lumongga Dwihadiah. (2022). Pengembangan Produk Wisata dalam Mewujudkan Pariwisata Berkualitas di Kampung Keranggan Tangerang Selatan. TAAWUN, 2(01), 58-71. https://doi.org/10.37850/taawun.v2i01.242