Supermasi Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Snowball Throwing terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
This study aims to determine students' learning motivation using the cooperative learning model type Numbered Head Together (NHT) and cooperative type snowball throwing on basic competency standards explaining the analysis of information conveyed through advertisements from print or electronic media at MINU Terate Putra Gresik. This study uses the type of Quantitative Research. Collecting data in this study using observations and questionnaires obtained through the observations of researchers and questionnaires distributed to students. The procedures in this research, namely the preparation and research planning stages, implementation stages, and final stages. From the results obtained, it shows that: There is a comparison of student learning outcomes in the Experiment class using the NHT type cooperative learning model with student learning outcomes in the Control class using the snowball throwing type cooperative model. This is due to the effect of Cooperative Type Numbered Head Together (NHT) with the results of .042 < 0.05 and tcount 2.202 > 2.110 then a significant effect is obtained and the Cooperative Type of snowball throwing shows the results of X2 (Snowball Throwing) on Y (Learning Motivation) of 0.001 < 0.05 and tcount of 4.404 > 2.110.
Downloads
References
Ahsani, E. L. F., Sya’adah, L. N. S. A., Sabila, M. S., Nuryana, S., & Nahar, T. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Aktivitas Sholat dan Tahfidz Qur’an di SD Al-Ma’soem Bandung. ARZUSIN, 2(1), 54-69. http://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin/article/view/213
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263-268. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/7249
Andriani, Rike. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. (4)1, 80-86. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958
Aprilia, I. (2022). Manajemen Pembelajaran SD Negeri 117505 Panjang Tongah Pada Pembelajaran di Masa Pandemi. Lingua, 18(1), 44-50. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/33423
Arif, S. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar dan minat peserta didik (meta-analisis data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/viewFile/21214/19451
Cahyati, C. (2021). Strategi Guru IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Di SMP Negeri 4 Palopo (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo). http://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/205
Dimyati & Mudjiono, (2006).Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958
Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida journal, 5(1), 83-92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2061
Emda, Amna. (2017) Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. (5)2, 93-196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838
Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210. https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/17315
Hafizhah, I., Basri, Y. M., & Rusli, R. (2016). Pengaruh etika uang (money ethics) terhadap kecurangan pajak (tax evasion) dengan religiusitas, gender, dan materialisme sebagai variabel moderasi (Studi pada WP OP yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas di Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University). https://www.neliti.com/publications/116734/pengaruh-etika-uang-money-ethics-terhadap-kecurangan-pajak-tax-evasion-dengan-re
Hasibuan, H. A. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan materi pengaruh lingkungan di kelas iv sd it al-hidayah kecamatan Medan Tembung tahun ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3817
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355-362. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/16331
Lomu, Lidia. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. (7)6. 745-751. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2412
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117. https://pdfs.semanticscholar.org/ab79/abda87cc294555358d13d3505df2d8f27d3c.pdf
Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3661
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/542
Puspitasari, R. T. (2013). Adversity quotient dengan kecemasan mengerjakan skripsi pada mahasiswa. Cognicia, 1(2).https://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/1637
Simbolon, m. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran numbered head together dengan media flash card terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd negeri 060930 medan johor tahun ajaran 2019/2020 (doctoral dissertation, universitas quality). http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/933
simbolon, m. h. (2020). pengaruh model pembelajaran numbered head together dengan media flash card terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd negeri 060930 medan johor tahun ajaran 2019/2020 (doctoral dissertation, universitas quality). http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/933
Sofiyah, s. U. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di mi darul huda pojok ngantru tulungagung tahun ajaran 2020/2021. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21454
Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. (3)1, 73-82. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144
Wahyu, e. (2021). pengaruh metode nht dengan pendekatan saintifik pada subtema hidup bersih dan sehat di rumah terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa kelas ii sekolah dasar. jurnal primary (kajian ilmu pendidikan dasar dan humaniora), 2(1), 1-11. http://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/psd/article/view/212
Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi belajar ditinjau dari dukungan sosial orangtua pada siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(1). http://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48