Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

  • Hasyim STIT Al-Fattah Siman Lamongan
  • Dwi Rodifah STIT Al-Fattah Siman Lamongan
Keywords: Discipline learning, learning achievement

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik  pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana berupa uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat kedisiplinan belajar peserta didik kelas V MI termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil  prosentase kedisiplinan belajar sebesar 62,5 %. (2) tingkat prestasi belajar peerta didik kelas V MI termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase prestasi belajar sebesar 58,3 %. (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V mata pelajaran Aqidah akhlak di MI. Hal ini terbukti dari hasil uji t parsial yang menunjukkan t hitung (4,659) > t tabel (1,7171) dan hasil signifikansinya (0,000) < (0,05). Hal ini menandakan bahwa kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan  kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya bahwa salah satu faktor pendukung prestasi belajar bisa meningkat yaitu salah satunya dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Fuad, Zainul. 2015. Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTs.Ma’arif 20 Islamiyah Paloh Paciran Lamongan. Jurnal Studi Islam. 2(2).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiyanto, S & Maulidah, T. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Lamongan: CV. Pustaka Ilalang Group.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Tu’u, Tulus. 2008. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Published
2020-04-18
How to Cite
Hasyim, & Dwi Rodifah. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. IBTIDA’, 1(1), 81-88. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.117